Di zaman modern seperti ini siapa yang tidak mau memiliki rumah idaman yang nyaman, menyenangkan, sehat, dan terlihat awet serta rapi? Untuk memiliki rumah yang seperti itu, Anda bisa melakukan berbagai cara merawat rumah dengan baik.

Untuk mendapatkan rumah yang nyaman, tentunya Anda perlu disiplin dan melakukan berbagai pekerjaan secara berkala. Tidak boleh malas apalagi mengabaikan rumah. Selain itu Anda juga perlu menyisihkan anggaran untuk perbaikan alat atau rumah jika mengalami kerusakan.

Ada beberapa tips cara merawat rumah yang perlu Anda lakukan. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Periksa kondisi rumah

Cara merawat rumah yang pertama adalah Anda bisa mengecek kondisi rumah. Caranya dengan memanggil tukang bangunan untuk memeriksa atap, saluran air, talang air, dinding, serta berbagai sudut lainnya. walau tidak mengalami kebocoran, atap rumah bisa bergeser karena kucing yang lewat atau bisa jadi saluran air yang mampet karena ada sampah yang masuk. Apalagi jika sudah memasuki musim hujan, Anda perlu memperbaiki atap, talang air, serta saluran air. Dinding rumah juga akan terlihat kusam dan jelek jika terkena kotoran seperti cipratan air, lumut, kotoran, dan sebagainya. Belum lagi cat dinding yang mulai memudar setelah beberapa tahun. Setelah ditinggali dalam waktu yang lama, Anda bisa mengecek semua masalah yang ada dalam rumah sebagai langkah awal cara merawat rumah dengan baik.

2. Periksa instalasi listrik dan air

Setelah tinggal beberapa tahun, Anda perlu mengecek instalasi listrik yang ada di plafon rumah. Anda bisa memanggil teknisi ahli. Ini dilakukan supaya menghindari kebakaran yang sering terjadi di ibukota karena korsleting listrik. Tak hanya itu, instalasi air juga perlu dicek secara berkala. Bisa jadi aliran air dari mesin air atau pompa mulai mengecil. Kotoran dan lumpur yang menyumbat saluran air juga bisa jadi masalah jika tidak ditangani dalam kurun waktu yang panjang.

3. Melakukan perbaikan secara berkala

Perbaikan kecil dalam cara merawat rumah Anda jadi salah satu langkah mudah. Anda bisa mengganti kran air, mengganti kunci pagar, melakukan pergantian cat selama 3 tahun sekali. Ini dilakukan supaya rumah tetap cantik dan nyaman. Pada bagian yang bocor maka bisa Anda tambal dengan cat yang waterproof. Masih banyak perbaikan kecil yang bisa ditangani secara berkala di rumah, mulai dari garasi hingga kamar tidur.

4. Rutin membersihkan rumah

Memiliki rumah yang bersih adalah sebuah kenyamanan. Bagi Anda yang memiliki rumah, tentu saja acara bersih-bersih kadang jadi sesuatu yang malas dilakukan. Menyapu dan mengepel di dalam dan luar rumah perlu dilakukan setiap hari. Selain itu Anda juga harus membersihkan dapur ketika sudah selesai memasak. Ini akan memudahkan Anda dalam mendapatkan rumah yang tetap bersih dan nyaman. Jangan biarkan pekerjaan bersih-bersih ini menumpuk sehingga terlihat banyak dan justru akan semakin malas melakukannya.

5. Periksa perabot rumah

Selain kondisi rumah, Anda juga perlu mengecek perabotan rumah seperti sofa, meja makan, meja kerja, lemari, dan sebagainya. Sofa bisa kotor karena sisa makanan yang menempel, maka Anda bisa membersihkannya dengan vacuum cleaner secara berkala. Noda dan goresan di meja makan bisa diperbaiki dengan membersihkannya perlahan. Jika Anda memiliki kursi di teras maka cek juga apakah warnanya mulai kusam karena sinar matahari dan air hujan?

6. Cek alat elektronik

Tak hanya perabotan rumah tangga, barang elektronik juga harus dicek dalam perawatan rumah. Alat elektronik ini seperti AC, TV, mesin cuci, kulkas, dan lain sebagainya. Anda bisa membersihkan AC dengan memanggil teknisi dan mengisi freon supaya pendingin tetap sejuk saat digunakan. Periksa juga apakah mesin cuci yang dipakai setiap hari, apakah mengalami kerusakan atau tidak. Begitu juga dengan barang lain seperti lemari es, dispenser, dan lainnya. Biasanya dalam beberapa tahun, peralatan elektronik ini akan rusak dan perlu dilakukan pergantian.

7. Sortir barang yang tidak diperlukan

Jangan biasakan menumpuk barang yang tidak terpakai di sudut ruangan. Biasanya hal ini dilakukan karena masih sayang membuang barang-barang tersebut. Padahal barang-barang itu juga sudah tidak terpakai lagi. Ada baiknya Anda memberikan barang-barang yang tidak terpakai namun masih layak digunakan kepada yang lebih membutuhkan seperti ke panti asuhan atau disumbangkan ke tempat lain. Namun Anda juga bisa loh menjualnya ke situs barang bekas untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Jika sudah rusak, maka sebaiknya segera dibuang daripada harus disimpan dan menjadi sampah.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara merawat rumah dengan baik dan benar, kan? Saatnya untuk membeli rumah idaman. Jika Anda tertarik, Anda bisa membeli di Grand Harmoni. Rumah bersubsidi dengan harga di bawah 200 juta. Lokasinya bebas banjir, fasilitas yang lengkap, dan akses mudah menuju ibukota.

Grand Harmoni menyediakan berbagai tipe rumah dari hunian yang kecil hingga besar dengan harga yang terjangkau. Grand Harmoni menawarkan lingkungan yang nyaman dan cocok bagi Anda yang ingin membeli rumah! Jangan lupa lakukan cara merawat rumah dengan baik!

Marketing Support. Whatsapp!
Start a Conversation
Halo! Silahkan klik salah satu marketing support kami