Pilih Rumah Subsidi atau Komersil? Yuk, Ketahui Dulu Perbedaannya

Rumah sudah jadi kebutuhan dasar dari semua orang, selain menjadi tempat tinggal, rumah bisa jadi investasi yang paling menjanjikan. Maka tidak heran jika makin banyak developer yang membangun perumahan dari tahun ke tahun. Semakin meningkatnya harga rumah tiap tahunnya, membuat pemerintah membuat kebijakan khusus untuk memenuhi hunian warganya seperti adanya rumah subsidi.

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa sih sebenarnya beda dari rumah komersil dengan subsidi? Secara singkat, rumah komersil adalah rumah yang dibangun para developer properti dengan menampilkan rumah yang serupa. Sementara rumah subsidi merupakan program sejuta rumah yang dilakukan pemerintah dengan kerjasama dari pihak bank.

PERBEDAAN RUMAH SUBSIDI DAN RUMAH KOMERSIL

Walau sama-sama dibangun oleh para developer, tapi kedua rumah ini tentunya memiliki perbedaan yang jauh. Lalu apa saja perbedaan dari kedua rumah ini? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

  1. Dari Segi Bangunan

Bangunan pada rumah komersil biasanya lebih besar daripada rumah subsidi. Luas dari rumah subsidi biasanya tidak lebih dari 33 meter persegi sementara rumah komersil akan memiliki luas yang lebih besar.

Perumahan subsidi biasanya akan memiliki rumah dengan tipe 36, sementara rumah komersil memiliki tipe variatif dari tipe yang kecil hingga yang besar. Jika dilihat, perumahan klaster atau kawasan elit bisa menjual rumah sampai dengan tipe 72. Tentunya ini sebuah hal wajah karena perumahan komersial menargetkan orang-orang dengan penghasilan menengah ke atas.

  1. Dari Segi Peruntukan

Selain bangunannya yang berbeda, kedua rumah ini juga berbeda dari segi tujuan pembangunannya. Rumah subsidi biasanya dibangun untuk masyarakat kelas sosial menengah ke bawah, sementara komersil biasanya dibangun untuk masyarakat menengah hingga ke atas yang mampu membeli rumah dengan harga yang cukup mahal.

  1. Dari Segi Harga

Dari segi kualitas dan peruntukkannya tentunya rumah subsidi dan komersil memiliki perbedaan harga yang berbeda. Rumah subsidi biasanya akan memiliki harga kisaran Rp100 juta dengan pembelian secara KPR atau kredit. Harganya yang murah karena adanya peran subsidi dari pemerinta yang bekerja sama dengan pihak bank dalam memberikan dana untuk rumah ini. Sementara rumah komersil umumnya memiliki harga kisaran Rp400 juta, tentunya harga ini disesuaikan dengan tipe rumah itu sendiri.

  1. Dari Segi Lokasi

Dari segi lokasi antara rumah subsidi dengan rumah komersil juga mengalami perbedaan. Biasanya rumah komersil berada di lokasi yang strategis atau di pusat kota. Itulah mengapa perumahan komersil memiliki akses yang baik ke berbagai fasilitas publik. Berbeda dengan rumah subsidi yang berlokasi di pinggir kota dan jauh dari akses ke berbagai fasilitas publik.

  1. Dari Segi Renovasi

Kedua rumah ini bisa dilihat perbedaannya dari perenovasian. Rumah yang komersil bisa dengan mudah direnovasi kapan saja oleh pemiliknya. Dengan melakukan renovasi biasanya rumah akan mengalami kenaikan nilai. Sementara untuk rumah subsidi biasanya harus menunggu sampai 2 tahun untuk dapat direnovasi. Selama itu pulalah pemilik rumah tidak bisa mengubah bentuk fisik rumah sama sekali.

PILIH RUMAH SUBSIDI ATAU RUMAH KOMERSIAL?

Bagi kamu milenial yang memiliki gaji sekitar Rp5 juta dan ingin membeli rumah, maka rumah subsidi jadi salah satu yang terjangkau untuk kamu. tentunya hal ini sudah ada dalam Keputusan Menteri PUPR Nomor 242/KPTS/M/2020 yang mulai berlaku sejak 1 April 2020. Dalam aturan tersebut mengatakan penghasilan maksmal dari penerima subsidi untuk KPR (Kredit Pemilikan Rumah) dipatok Rp8 juta untuk KPR Sejahtera Tapak dan KPS Sejahtera Susun.

Ini mengartikan, kamu yang memiliki penghasilan Rp5 juta sebulan bisa membeli rumah subsidi ini. Tentunya ini juga didukung dengan harga rumah yang ada di bawah Rp200 juta.

Jika kamu masih mencari rumah subsidi yang tepat untuk hunian bersama keluarga. Maka kamu bisa membeli rumah di Grand Harmoni. Perumahan subsidi ini memiliki harga di bawah Rp200 jutaan dan bisa kamu jadikan investasi karena areanya yang bebas banjir serta kelengkapan fasilitas publiknya.

Jangan takut jauh, walau menjadi rumah subsidi namun Grand Harmoni memiliki akses cepat ke pusat kota. Grand Harmoni juga menyediakan berbagai tipe rumah kecil sampai besar dengan harga yang terjangkau.

 

Marketing Support. Whatsapp!
Start a Conversation
Halo! Silahkan klik salah satu marketing support kami