Tips Agar Permohonan Cicilan Perumahan Subsidi Kamu Diloloskan!

Membahas soal rumah tidak akan ada habisnya. Selain menjadi kebutuhan primer semua orang, rumah selalu menjadi tempat berkumpulnya keluarga. Sayangnya, tidak semua orang bisa memiliki rumah karena kondisi keuangan yang belum mencukupi. Masalah inilah yang akhirnya membuat pemerintah membuat program cicilan perumahan subsidi.

Apa sebenarnya rumah subsidi itu? Rumah subsidi merupakan rumah yang mendapatkan subsidi dari pemerintah berupa bebas pajak dan cicilan dengan bunga yang cukup rendah.

Program ini secara khusus dibuat untuk masyarakat berpenghasilan rendah supaya mampu memiliki rumah yang bisa dihuni secara layak. Selain karena bunganya yang renda, maka rumah subsidi ini memiliki suku bunga flat hingga pelunasan.

Nah, sebelum kamu memutuskan untuk membeli rumah subsidi. Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui lebih dalam.

FAKTOR KEGAGALAN DALAM MENGAJUKAN PERMOHONAN CICILAN

Banyak yang beranggapan kalau mengajukan cicilan untuk rumah subsidi akan mengalami proses yang panjang dan berbelit-belit. Memang dalam beberapa kasus, permohonan untuk KPR subsidi sring ditolak. Namun, kamu perlu mengetahui dulu sebenarnya kenapa penolakan tersebut terjadi?

Sebenarnya, permohonan KPR rumah subsidi terkendala saat mengalami proses di Bank Indonesia Checking. Sistem dalam Bank Indonesia ini akan menunjukkan kalau pemohon pernah memiliki dan mengambil kredit.

Bank Indonesia Checking ini bertujuan untuk menilai apakah pemohon layak menerima KPR subsidi atau tidak. Bila tidak lolos pengecekan ini, proses pemohonan kamu otomatis akan dihentikan.

Inilah yang membuat banyak orang menganggap permohonan cicilan perumahan subsidi lama dan berbelit.

Lalu, apakah ada tips tertentu agar permohonan cicilan disetujui?

TIPS MENGAJUKAN PERMOHONAN CICILAN

  1. Penghasilan Pokok Tidak Melebihi Ketentuan

Seperti yang sudah diketahui kalau syarat dari mengajukan cicilan perumahan subsidi adalah pemohon harus masuk ke dalam kategori masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Artinya, pemohon harus memiliki penghasilan maksimal Rp8 juta perbulan agar bisa membeli rumah tapak atau rumah susun subsidi. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk memerhatikan hal ini sebelum mengajukan permohonan.

  1. Belum Pernah Menerima Rumah Subsidi

Jika kamu sudah pernah menerima subsidi rumah dari pemerintah, maka pengajuan permohonan kamu akan ditolak oleh bank. Walau dalam segi penghasilan sudah memenuhi ketentuan, namun jika kamu sudah memiliki 1 rumah subsidi, maka kamu tidak bisa mengajukannya lagi.

  1. Angsuran Tidak Boleh Lebih Dari Sepertiga Gaji

Sama halnya seperti KPR rumah komersil, salah satu ketentuan dari cicilan perumahan subsidi adalah pemohon harus memiliki penghasilan tetap. Namun, harus digaris bawahi, penghasilan total perbulan ini harus mencukupi biaya angsuran KPR. Hitungan angsurannya pun tidak boleh lebih dari sepertiga penghasilan kamu.

  1. Tidak Memiliki Kredit yang Macet

Pada saat proses Bank Indonesia Checking, kamu tidak boleh memiliki catatan kredit macet dalam SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan). Jika kamu memang tidak memiliki kredit yang macet, maka sudah dipastikan kalau permohonan cicilan kamu akan disetujui dengan cepat.

  1. Siapkan Dokumen yang Diperlukan

Bagian terakhir yang tidak kalah penting adalah menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk syarat mengajukan cicilan. Jika kamu belum tahu, inilah beberapa syarat yang perlu kamu siapkan :

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi KK
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi akta nikah (bagi yang sudah menikah)
  • Pas foto 3×4
  • Slip gaji sebulan terakhir
  • Surat aktif bekerja (ada stempel dan tandatangan HRD perusahaan)
  • Fotokopi surat pengangkatan karyawan tetap
  • Surat keterangan belum memiliki rumah (dari kelurahan)
  • Buku tabungan rekening bank
  • SPT tahunan
  • Form FLPP dan aplikasi KPR
  • Materai 15 lembar

Tentunya kelengkapan ini akan membuat peluang permohonan kamu diterima lebih cepat disetujui.

Nah itu dia tips bagaimana mengajukan cicilan perumahan subsidi yang bisa kamu ikuti. Jika kamu masih memilih rumah, maka kamu bisa menetapkan pilihan di Grand Harmoni yang merupakan rumah subsidi dengan harga di bawah 200 juta aja! Fasilitasnya juga lengkap, akses menuju ibukota juga mudah. Grand Harmoni juga menyediakan berbagai tipe rumah dari tipe kecil hingga besar dengan harga yang terjangkau.

 

Marketing Support. Whatsapp!
Start a Conversation
Halo! Silahkan klik salah satu marketing support kami