6 Hal yang Harus Dicek Sebelum Tandatangani Berita Acara Serah Terima

Berita acara serah terima rumah merupakan salah satu surat wajib yang penting bagi seseorang yang baru saja membeli rumah dari developer. Lalu seperti apa isinya?

Jika kamu baru saja membeli rumah di Grand Harmoni atau perumahan lainnya, tentunya kamu tidak sabar dan merasa senang. Apalagi jika kamu harus menunggu lama dari mulai pembangunan sampai selesai.

Namun, jangan terburu-buru karena masih ada banyak hal yang harus kamu cek kembali, apalagi bagian bangunan rumah kamu. Jangan terlalu buru-buru untuk menandatangani berita acara serah terima dari developer.

Kamu perlu untuk mengecek lagi segala hal yang diperlukan secara seksama. Kamu bisa cek apakah pengerjaan bangunannya sudah sesuai dengan kesepakatan awal. Jika begitu, kamu masih bisa meminta developer untuk memperbaikinya sebelum menerima berita acara.

Nah, kira-kira apalagi yang harus dilakukan dan diperhatikan? Simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Tes kunci di semua pintu

Langkah awal saat melakukan pengecekan adalah memeriksa semua kunci yang sudah diberikan dan cobalah di semua pintu. Bisa jadi kamu menerima kunci yang salah atau pemasangan kunci yang rusak akibat kesalahan dari pabrik. Tentunya semua harus kamu cek sebelum menandatangani surat serah terima agar tidak terjadi kesalahan di kemudian hari.

  1. Periksa permukaan dinding

Periksa juga permukaan dinding rumah kamu apakah ada cacat di plesterannya, permukaan yang tidak rata, ada keretakan, dan lubang. Tentunya kamu harus teliti saat mengecek permukaan dinding rumah baru kamu.

  1. Periksa juga jendela rumah

Bukalah jendela rumah selebar mungkin. Jendela harus bisa terbuka dan tertutup tanpa kendala. Kamu juga bisa melihat cat pada jendela yang dipasang apakah mulus atau ada goresan.

  1. Nyalakan semua keran air

Buka semua keran air yang ada di rumah kamu selama satu menit dan biarkan air mengalir. Uji coba ini harus dilakukan agar dapat memastikan kalau keran berfungsi dengan baik dan saluran pipa dipasang dengan benar sehingga tidak ada kebocoran dan penyumbatan. Kamu juga bisa menyiram semua perlengkapan di kamar mandi agar mengetahui kualitas air.

  1. Uji kelistrikan

Kamu bisa menguji listrik dengan memasang charger ke ponsel. Atau kamu juga bisa mencoba dengan test pen atau obeng arus listrik, gunakan alat ini di semua stop kontak rumah. Jika test pen atau ponsel terisi dengan baik maka stop kontak dan listrik di rumah baru kamu berfungsi dengan benar.

  1. Periksa lantai rumah

Untuk menguji apakah lantai rata atau tidak, kamu bisa mencoba melempar bola berukuran kecil ke lantai. Jika bola menggelinding dan berakhir di sudut rumah, maka kondisi lantainya bagus. Namun jika bola berhenti di tengah-tengah maka ada kemungkinan kalau lantainya tidak rata.

KAPAN BERITA ACARA SERAH TERIMA DILAKUKAN?

Untuk rumah yang inden, melakukan tandatangan berita acara serah terima dilakukan jika pembangunan hunian telah selesai. Sementara untuk rumah yang ready, serah terima dapat dilakukan setelah akad kredit.

Jika kamu membeli rumah secara tunia, maka serah terima kunci dilakukan kapan pun setelah pembayaran diterima oleh para developer. Untuk yang melakukan tunai bertahap, umumnya disesuaikan dengan Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB).

Berita acara serah terima ini tentunya sangat penting karena adanya kesepakatan pekerjaan yang sudah dikerjaan oleh pihak pelaksana. Jadi, segala hak dan kewajiban dari pihak pelaksana sudah dibereskan. Seperti misalnya kontraktor segera mendapatkan pembayaran setelah proses ini dilakukan. Ini karena di dalam kontrak pekerjaan fisik akan ada penahanan pembayaran oleh pemberi kerja sampai waktu yang sudah disepekati.

Tentunya pembayarn ini ditahan sebagai jaminan kalau ada kerusakan bangunan dan atau kelalaian pelaksana pekerjaan.

Itulah mengapa penting bagi kamu untuk mengecek bangunan rumah saat akan melakukan berita acara serah terima rumah ini. Bagi kamu yang masih bingung mencari rumah maka kamu bisa memilih Grand Harmoni yang merupakan rumah bersubsidi dengan harga di bawah 200 juta aja! Fasilitasnya juga lengkap, akses menuju ibukota juga mudah. Grand Harmoni juga menyediakan berbagai tipe rumah dari tipe kecil hingga besar dengan harga yang terjangkau.

Marketing Support. Whatsapp!
Start a Conversation
Halo! Silahkan klik salah satu marketing support kami